PENGERTIAN HARDWARE DAN FUNGSINYA

PENGERTIAN HARDWARE DAN FUNGSINYA
Apa sih Hardware itu? Pengertian hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengan kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata dan memiliki fungsi tertentu.



Hasil gambar untuk hardware

Perangkat komputer (Hardware Komputer) sendiri dibagi menjadi beberapa bagian. Berikut ini penjelasan lebih ringkas mengenai fungsi dari bagian dari beberapa Hardware dari pengertian Hardware diatas bisa menyimak lebih lanjut di bawah ini :


Process Device (perangkat pemrosesan) Central Processing Unit (CPU)

Hasil gambar untuk CPU

Pengertian CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang diberikan melalui beberapa perangkat keras. 



Memori - Random Accses Memory (RAM)

Hasil gambar untuk RAM

  • Memori / RAM (random access Memory) : merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara. Sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Oleh sebab  itu RAM besar berpengaruh pada kecepatan komputer.

Monitor / sreen monitor

Hasil gambar untuk monitor


  • Monitor/ screen monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar

Keyboard

Hasil gambar untuk keyboard

  • Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer


Mouse


Hasil gambar untuk mouse

  • Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik

Harddisk

Hasil gambar untuk hardisk

Harddisk merupakan memori berkapasitas besar pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Data yang disimpan tersebut seperti sistem operasi anda (windows, linux), software (browser, office dll) serta data pribadi anda (dokumen, foto, lagu dll).


Powersupply Unit

Hasil gambar untuk power supply unit
fungsi utamanya adalah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC yang kemudian diubah menjadi daya atau energi yang dibutuhkan komponen-komponen pada komputer seperti motherboard, CD Room, Hardisk, dan komponen lainnya.


Processor

Hasil gambar untuk processor
Processor merupakan singkatan dari central processing unit yang juga dikenal dengan istilah processor adalah bagian terpenting yang menjalankan sistem komputer. Bisa di ibaratkan sebagai segala otak pada komputer.


Sound card adalah salah satu perangkat keras komputer yang memiliki fungsi utama sebagai pengolah data berjenis audio atau suara.  fungsi dasar sebuah sound card adalah mengkonversi file audio yang notabenenya berisikan data digital (sebagaimana semua file yang ada di dalam komputer) menjadi sinyal analog sehingga dapat ditangkap oleh indera pendengaran kita.


Printer
Hasil gambar untuk printer

Pengertian printer adalah perangkat elektromekanis yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke bentuk fisik. Fungsi printer yang paling utama tentu saja untuk mencetak atau menyajikan data dari komputer kepada penggunanya secara langsung.


Scanner
Hasil gambar untuk scanner
Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital. Fungsi Scanner sudah jelas karena dengan adanya alat ini, kita dapat menduplikat hard-copy seperti kertas, makalah, maupun foto ke dalam bentuk digital ke komputer.


Speaker
Hasil gambar untuk speaker

Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suaraspeaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. 






sekian artikel mengenai pengertian hardware dan fungsinya, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang telah membaca di blogger gw yaitu Arieser :)

jangan lupa share, like, and koment ya guys......

good luck for you all :)

oiya jangan lupa juga untuk mengunjungi blogspot gw yg lain ya guys, hihi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perintah-Perintah Dasar Microsoft Word

MATERI LOGIKA DAN ALGORITMA

perhitungan menggunakan ms.excel